Mengenai Saya

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia

Minggu, 25 Maret 2012

CERITA RAKYAT YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Kisah Keong Mas

Alkisah seorang nenek sedang menjala ikan dan menemukan seekor keong berwarna emas tersangkut di jalanya. Nenek tersebut membawa keong mas ke rumahnya dan dimasukkan ke dalam tempayan.

Keesokan harinya, nenek menjala ikan kembali namun tak mendapatkan seekor ikan pun. Akhirnya Nenek pulang dan alangkah terkejutnya menemukan di atas meja tersedia makanan yang enak-enak.

Nenek makan sambil berpikir, siapa yang telah baik hati mengirimkan makanan ini. Kejadian tersebut terulang lagi hingga beberapa hari lamanya. Nenek yang penasaran akhirnya memutuskan untuk mencari tahu siapa orang yang telah baik memasak makanan untuknya itu.

Pagi itu nenek pura-pura berangkat menjala, namun setelah beberapa jauh dia kembali pulang dan mengintip ke dalam rumahnya. Dilihatnya keong mas yang ada dalam tempayan berubah wujud menjadi putri yang sangat cantik. Putri itu kemudian memasak untuknya. Mencium wanginya masakan, nenek pun tak sabar dan masuk ke dalam.

“Siapa gerangan Putri?” tanya nenek. Putri yang terkejut itu akhirnya menjelaskan siapa dirinya. Putri Candra Kirana disihir menjadi keong oleh nenek sihir yang jahat atas suruhan Dewi Galuh, saudaranya yang iri hati karena seorang pangeran Inu Kertapati lebih memilih Candra Kirana. Nenek pun mempersilahkan putri Candra Kirana tinggal di gubuknya yang reyot.

Beberapa hari kemudian, seorang pria mengetuk pintu rumah untuk meminta air. Ternyata dia adalah Pangeran Inu yang sedang berkelana mencari Putri Candra Kirana. Betapa bahagianya mereka, dan sihir itu pun hilang karena pertemuan itu.

Lalu pangeran Inu membawa putri dan nenek yang baik hati itu ke istana. Dewi Galuh ditangkap dan dipenjara karena ulahnya. Putri Candra Kirana dan Pangeran Inu pun hidup bahagia selama-lamanya.

Sumber : http://www.anneahira.com/cerita-rakyat-keong-mas.htm


Opini :
  1. Cerita tersebut mengandung pesan bahwa seseorang yang berbuat baik maka akan mendapat balasan kebaikan yang tidak diduga-duga.
  2. Dan Seseorang yang jahat akan mendapat hukuman.
  3. Seseorang yang berusaha dengan sungguh-sungguh maka akan mendapatkan apa yang diinginkannya.
  4. Bahwa segala sesuatu yang dilakukan dengan ikhlas maka akan berakhir dengan menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar