Mengenai Saya

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia

Sabtu, 13 April 2013

Belajar Fotografi

Menggeluti hobi fotografi tidak hanya harus mempunyai kamera saja, biarpun kamera tersebut canggih dan memiliki banyak fitur namun tidak paham bagaimana teknik memotret yang baik hasilnya akan sama saja tidak professional. Ada tahap belajar fotografi yang harus dipahami khususnya bagi para fotografer pemula. Belajar fotografi bisa melalui buku tentang fotografi, kepada orang yang sudah mahir memotret, tentunya sering ikut komunitas fotografer agar dapat saling berbai pengalaman dalamm teknik memotret.

Berikut ini adalah langkah non-teknik dan teknik yang bisa Anda coba dalam mempelajari dunia fotografi.

1. Pahami cara kerja kamera.

Inilah yang terpenting menguasai cara kerja kamera dan memahami fungsi tombol-tombol yang terdapat dalam sebuah kamera. Fungsi dan cara kerja kamera dapat Anda pelajari melalui manual book bawaan kamera. Sebaiknya Anda juga perlu mengetahui perbedaan antara kamera DSLR untuk pemula dan yang sudah profesional. Walaupun prinsipnya sama, namun dalam kamera professional terdapat fungsi yang tidak ada dalam kamera pemula.

2. Pelajari 3 komponen fotografi.

Dalam teknik fotografi ada tiga komponen yang seharusnya Anda kuasai dengan baik. Yaitu shutter speed, aperture, dan ISO. 1) Shutter speed adalah sebuah kemampuan untuk memperlambat waktu atau menangkap dalam mengambil gambar objek sepersekian detik. 2) Aperture adalah pengaturan diafragma kamera yang berhubungan dengan kedalaman sebuah gambar. Misalnya Anda membuat background blur dan objek tetap tajam maka Anda mengatur diafragma sebesar f 1.8 pada kamera. 3) ISO sangat erat kaitannya dengan pengaruh noise. Jika ISO diatur rendah maka noise yang terdapat di foto akan berkurang. Intinya, jika ingin mendapatkan foto objek yang tajam maka kombinasikan pengaturan ISO rendah dan bukaan aperture yang besar.

3. Berani dalam memotret

Memotret tidak perlu takut untuk menekan tombol shutter pada kamera. Jika Anda menemukan objek bagu dan ingin memotretnya sebaiknya biarkan tangan Anda menekan tombol secara alami. Ulangi pula memotret berulang kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Keragu-raguan saat mengambil gambar sebenarnya tidak bagus, karena Anda akan kehilangan moment pada sebuah objek yang Anda pilih. Jika Anda sedang mengamati objek dalam kondisi hujan atau di atas sebuah air, sebaiknya lapisi kamera penggunakan plastik transparan, janga takut apabila kamera basah atau Anda bisa kehilangan moment indah objek yang Anda inginkan.

4. Menambahkan unsur seni dan visual

Unsur seni dan visual sangat diperlukan dalam fotografi agar hasil foto maksimal sesuai dengan yang kita inginkan. Unsur seni disini adalah keseimbangan antara objek dengan keadaan sekitar juga penekanan pencahayaan yang tepat. Sedangkan pada unsur visual sebaiknya memperhatikan kombinasi antara pola, warna, shape, garis sebuah objek agar menjadi satu kesatuan. Unsur ini dipengaruhi oleh teknik pengambilan sudut dimana Anda akan memotret. Sudut yang berbeda dalam memoto objek akan menghasilkan kakrakteristik foto yang berbeda pula.





Sumber : http://carapedia.com/belajar_fotografi_pelajari_hal_penting_berikut_info4200.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar