Mengenai Saya

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia

Sabtu, 06 April 2013

Jenis Jenis Ikan Hias Cantik Di Dunia

1. Mandarinfish

Mandarinfish tak bisa disamakan dengan ikan Mandarin atau Chinese Perch. Ikan bernama latin Synchiropus splendidus merupakan bagian dari keluarga ikan Dragonet yang popular didalam akuarium air asin. Ikan yang aslinya berasal dari Pasifik atau tepatnya di Kep. Ryukyu selatan hingga ke Australia ini sangat berwarna-warni serta enerjik. ikan mandarinfish ini asli pasifik. Harga nya tak lebih dari $ 20/ekor, namun yg lantas menjadi problem yaitu makanan mereka, Mandarinfish hanya mengonsumsi mikroinvertebrata yg biasa hidup di batuan koral. Untuk dapat memeliharanya di rumah, kita butuh batuan koral yg cukup didalam aquarium.




2. Ikan Juvenile Emporer Angel

Ikan cantik ini amat populer dimata penyelam laut. Berwarna biru gelap dengan pola cincin, namun ketika dewasa mereka mempunyai garis kuning. Waktu tumbuhnya sekitar 4 thn dan dapat tumbuh hingga sepanjang 40 cm.


3). Ikan Clown Trigger

Ikan Trigger merupakan 40 spesies ikan warna-warni yang berasal dari keluarga Balistidae. Identik dengan garis serta bintiknya, mereka menghuni laut tropis serta subtropis dimuka bumi dengan keanekaragaman spesies terbesar di lautan Indo Pasifik. Umumnya dapat ditemui di perairan dangkal, pesisir, dan terlebih pada terumbu-terumbu karang.



4. Ikan Badut

Ikan ini juga dikenal dengan atau Clownfish atau Anemonefish. Ikan badut merupakan ikan dengan warna yang indah dan cantik yang biasanya terdiri dari warna kuning atau oranye dengan garis putih dan hitam, walau ini bergantung pada jenis dari ikan badut tersebut. Ukuran terbesar dapat mencapai panjang hingga 18 cm dan yang terkecil nyaris hanya sepanjang 10 cm.



5. Ikan Rainbow Parrot





6. Ikan Guppy


Gupi, (Poecilia reticulata), adalah salah satu spesies ikan hias air tawar yang paling populer di dunia. Karena mudahnya menyesuaikan diri dan beranak-pinak, di banyak tempat di Indonesia ikan ini telah menjadi ikan liar yang memenuhi parit-parit dan selokan. Dalam perdagangan ikan hias dikenal sebagai guppy atau juga millionfish, di berbagai daerah ikan ini juga dikenal dengan aneka nama lokal seperti gepi (Btw.), bungkreung (Sd.), cethul atau cithul (Jw.), klataw (Bjn).



7. Koi

Koi adalah jenis ikan karper (Cyprinus carpio) yang dipelihara untuk menghias rumah, berasal dari Tiongkok dan banyak tersebar di Jepang. Mereka berkerabat dekat dengan ikan mas, dan karena itu banyak orang menyebutnya ikan mas koi yang sebenarnya adalah misnomer. Koi dianggap membawa keberuntungan.



8. Cupang

Cupang (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Di Indonesia terdapat cupang asli,salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.


9. Ikan Lou Han


Ikan Lou Han (bahasa Inggris: Flowerhorn) saya merupakan salah satu ikan hias terkenal yang dipelihara di dalam akuarium karena warna sisik mereka yang hidup serta benjolan kepala mereka yang berbentuk khas berjuluk "benjol kelam". Ikan ini dipercaya dapat membawa hoki (keberuntungan bagi pemiliknya)

Aslinya mereka hanya berhabitat di Malaysia dan Taiwan, namun saat ini banyak dipelihara oleh penggemar ikan di seluruh dunia.




10. Arwana

Arwana adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana Asia juga disebut "Ikan Naga" karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa

Ikan Arwana merupakan spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Ada empat varietas warna yang terdapat di lokasi:
Hijau, ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia
Emas dengan ekor merah, ditemukan di Indonesia
Emas, ditemukan di Malaysia
Merah, ditemukan di Indonesia.

Ikan ini merupakan simbol keberuntungan bagi pemiliknya sehingga membuat ikan ini berharga relatif mahal. Ikan ini sangat terkenal di indonesia dan negara asia lainnya.





Sumber : http://5besar.blogspot.com/2012/07/5-besar-ikan-hias-paling-ngetop-di.html
               http://indoped.com/5-jenis-jenis-ikan-hias-cantik-di-dunia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar