Mengenai Saya

Foto Saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia

Minggu, 04 November 2012

Melindungi Hutan


Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting.

Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Kita dapat menemukan hutan baik di daerah tropis maupun daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar.

Hutan merupakan suatu kumpulan tumbuhan dan juga tanaman, terutama pepohonan atau tumbuhan berkayu lain, yang menempati daerah yang cukup luas.

Pohon sendiri adalah tumbuhan cukup tinggi dengan masa hidup bertahun-tahun. Jadi, tentu berbeda dengan sayur-sayuran atau padi-padian yang hidup semusim saja. Pohon juga berbeda karena secara mencolok memiliki sebatang pokok tegak berkayu yang cukup panjang dan bentuk tajuk (mahkota daun) yang jelas.

Suatu kumpulan pepohonan dianggap hutan jika mampu menciptakan iklim dan kondisi lingkungan yang khas setempat, yang berbeda daripada daerah di luarnya. Jika kita berada di hutan hujan tropis, rasanya seperti masuk ke dalam ruang sauna yang hangat dan lembab, yang berbeda daripada daerah perladangan sekitarnya. Pemandangannya pun berlainan. Ini berarti segala tumbuhan lain dan hewan (hingga yang sekecil-kecilnya), serta beraneka unsur tak hidup lain termasuk bagian-bagian penyusun yang tidak terpisahkan dari hutan.

Hutan sebagai suatu ekosistem tidak hanya menyimpan sumberdaya alam berupa kayu, tetapi masih banyak potensi non kayu yang dapat diambil manfaatnya oleh masyarakat melalui budidaya tanaman pertanian pada lahan hutan. Sebagai fungsi ekosistem hutan sangat berperan dalam berbagai hal seperti penyedia sumber air, penghasil oksigen, tempat hidup berjuta flora dan fauna, dan peran penyeimbang lingkungan, serta mencegah timbulnya pemanasan global. Sebagai fungsi penyedia air bagi kehidupan hutan merupakan salah satu kawasan yang sangat penting, hal ini dikarenakan hutan adalah tempat bertumbuhnya berjuta tanaman.


Membuat wilayah-wilayah yang dilindungi seperti taman nasional adalah cara yang baik untuk menyelamatkan hutan hujan dan ekosistem lainnya. Wilayah yang terlindingi ini adalah lokasi yang mendapatkan perlindungan karena nilai-nilai lingkungan atau budayanya. Pada umumnya, wilayah yang dilindungi ini diatur oleh pemerintah dan menggunakan polisi hutan untuk menegakkan aturan di taman dan melindunginya dari aktivitas ilegal seperti berburu dan penebangan pohon.

Saat ini taman-taman melindungi banyak dari spesies yang hampir punah. Hewan seperti panda hanya ditemukan di daerah-daerah yang dilindungi.

Taman akan bisa berhasil dengan baik bila mereka didukung oleh penduduk lokal yang tinggal di dan di sekitar wilayah yang dilindungi tersebut. Jika penduduk lokal mempunyai ketertarikan pada taman, mereka akan membentuk "community watch" (penjagaan masyarakat) yang melindungi taman dari penebangan hutan ilegal dan perburuan gelap.

Cara efektif untuk melindungi hutan hujan adalah melibatkan penduduk asli di manajemen taman. Para penduduk asli ini lebih tahu mengenai hutan dibandingkan dengan siapapun dan memiliki ketertarikan untuk menjaganya dengan aman sebagai ekosistem yang telah memberinya makanan, tempat berlindung, dan air bersih. Penelitian telah menemukan bahwa di beberapa kasus, "indigenous reserves" justru sebenarnya melindungi hutan hujan dengan lebih baik dibandingkan dengan "taman nasional" di Amazon.

Taman-taman ini juga dapat membantu perekonomian di negara-negara hutan hujan dengan cara menarik minat para turis asing yang membayar biaya masuk, menyewa guide alam lokal, dan membeli kerajinan lokal seperti keranjang, kaos, dan gelang manik-manik.

Bagi generasi muda

Sebagai generasi muda dapat mulai mencegah dan berupaya semampu kita untuk mencintai lingkungan alam. Alam kita, hutan yang hijau, udara yang bersih dan kekayaan melimpah merupakan sesuatu yang patut kita syukuri. Hutan telah memberikan begitu banyak jasa kepada kita, seperti sebagai tempat menyimpan air saat kemarau sehingga masih memiliki cukup persediaan air. Hutan telah memberikan kita udara yang bersih. Hutan telah memberikan kita sumber daya alam yang tak habis-habisnya dan hutan melindungi kita dari bahaya tanah longsor serta banjir yang senantiasa mengancam keselamatan diri kita dan keluarga kita.

Kita seharusnya dapat melindungi lingkungan dari hal-hal kecil, seperti tidak membuang sampah sembarangan, melakukan penghijauan di lingkungan sekitar kita, seperti rumah dan sekolah, hingga menjadi aktivis dalam membersihkan sungai serta lingkungan yang kotor. Karena, kita sebagai generasi muda mempunyai potensi dan inovasi yang lebih dari orang dewasa sekalipun. Kita sebagai generasi muda memiliki ide-ide brilian yang memungkinkan untuk melakukan banyak hal bagi lingkungan. Kita sebagai generasi muda dapat bersatu dan membentuk diri dan orang lain agar menumbuhkan kesadaran agar berlingkungan yang baik. Kita dapat memulainya dengan meberikan nasihat kepada teman-teman kita, adik-adik kita di rumah ataupun masyarakat sekitar. Kita sebagai generasi muda yang berpotensipun dapat memikirkan ide agar bagaimana caranya sampah-sampah bekas plastik atau botol dapat kita ubah menjadi benda-benda yang bermutu dan penuh karya seni. Sampah-sampah yang telah kita daur ulang tersebut dapat menghasilkan pundi-pundi uang bagi kita dan tentunya dapat pula mengurangi sampah-sampah yang menumpuk di lingkungan kita. Kita dapat mencegah menggunakan AC, Kulkas dan parfum yang menggunakan CFC. Kita dapat mencegah menggunakan kenderaan bermotor yang mengandung timbal. Kitapun dapat mengurangi penggunaan peralatan elektronik yang banyak menggunakan listrik seperti televisi, radio, lampu, mesin cuci dan sebagainya.

Pada skala besar, kita dapat menunjukkan kepedulian kita terhadap lingkungan dengan mengadakan penyuluhan-penyuluhan dan kita dapat mebuat iklan yang membangun kesadaran terhadap lingkungan.


Sumber :
http://gladyaguz.student.umm.ac.id/apa-itu-hutan/
http://mongabay.co.id/hutan-hujan/605.html.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar