Mengenai Saya

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia

Minggu, 04 November 2012

Organisasi

1. Apa yang dimaksud Organisasi

Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.


Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti pengembilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagi anggota-anggotanyasehingga menekan angka pengangguran.

Dalam berorganisasi setiap individu dapat berinteraksi dengan semua struktur yang terkait baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung kepda organisasi yang mereka pilih. Agar dapat berinterksi secara efektif setiap individu bisa berpartisipasi pada organisasi yang bersangkutan. Dengan berpartisipasi setiap individu dapat lebih mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan.



2. Organisasi dapat dikatakan sebagai wadah dan proses


Organisasi Sebagai Wadah

Maksud dari wadah di dalam organisasi adalah tempat dimana suatu kelompok berkumpul untuk membicarakan dan bekerja sama dalam satu tujuan.Di dalam organisasi tersebut tempat orang-orang bertukar pikiran dan menuangkan ide-ide mengenai organisasi tersebut,karena itu maka dapat disebut sebagai wadah.

Organisasi Sebagai Proses

Maksud dari proses di dalam organisasi adalah dimana ide-ide dan saran dari anggota organisasi tidah hanya sebagai catatan saja,melainkan akan di proses menjadi sesuatu yang lebih baik dalam arti lain mengaplikasikan ide-ide yang telah dikumpulkan di dalam wadah tersebut.


3. Organisasi ada formal dan informal, jelaskan masing - masing dan berikan contohnya?


Organisasi formal

Organisasi formal/resmi adaah organisasi yang dibentuk oleh sekumpulan orang/masyarakat yang memiliki suatu struktur yang terumuskan dengan baik, yang menerangkan hubungan-hubungan otoritasnya, kekuasaan, akuntabilitas dan tanggung jawabnya, serta memilki kekuatan hukum. Contoh organisasi formal adalah perusahaan besar, badan-badan pemerintah, dan universitas-universitas.

Organisasi informal

Keanggotaan pada organisasi-organisasi informal dapat dicapai baik secara sadar maupun tidak sadar, dan kerap kali sulit untuk menentukan waktu eksak seseorang menjadi anggota organisasi tersebut. Sifat eksak hubungan antar anggota dan bahkan tujuan organisasi yang bersangkutan tidak terspesifikasi. Contoh organisasi informal adalah pertemuan tidak resmi seperti makan malam bersama.



4. Ceritakan pengalaman kalian pribadi kalian baik di organisasi formal maupun informal ?


          Ketika saya dibangku  SMP saya  mengikuti Pramuka, dikarenakan mereka sangat gagah pada waktu baris berbaris dengan baretnya. Dipramuka saya dan teman-teman banyak sekali berpartisipasi mengikuti lomba, sampai ke tingkat Provinsi. Sudah berapa puluh piala kami sumbangkan untuk sekolah dari ajang pramuka tersebut. Selain itu Pramuka di sekolah kami selain mengikuti lomba, juga menyelenggarakan lomba.

Saya juga pernah bergabung dalam sebuah organisasi pemuda desa, kegiatan saya adalah menggalang dana untuk orang  dalam desa saya yang kurang mampu, dan juga untuk acara acara hari besar nasional untuk memeriahkan hari besar tersebut dengan mengadakan banyak perlombaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar